Senin, 02 September 2013

bab 2 konfigurasi program

Bab Dua Konfigurasi Program
161
PEMROGRAMAN

Sekelompok perintah diedit sesuai dengan kebutuhan gerak mesin disebut sebagai Program. Menurut urutan perintah, sistem dapat memindahkan alat sepanjang garis lurus atau busur melingkar, start / stop spindle dan pendinginan, atau memilih alat, dll urutan perintah yang diedit sesuai urutan yang dibutuhkan oleh teknologi benda kerja.
2.1 Karakter
Karakter adalah unit dasar untuk menyusun program. Karakter dalam sistem ini adalah huruf Inggris, angka dan beberapa simbol.
Surat Bahasa Inggris adalah karakter alamat perintah atau data: semburan
M N P Q R S T U V W X Y Z r
Digit adalah data spesifik karakter alamat: 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9
Kata Makro: Jika kemudian lain dan atau = <> ()
Jika kemudian lain: pernyataan pilih, contoh: Jika (x> y) maka (z = 0) lain (z = 1);
dan: logika dan;
atau: logika atau;
>: Lebih dari;
<: Kurang dari;
=: Sama dengan;
Sign:% - + *. /;
%    : Mulai tanda nama program;
-          : Data negatif atau pengurangan;
+     : Penambahan;
·         : Perkalian atau modifikasi;
.       : Titik desimal;
/      : Divisi pernyataan penugasan, dan blok melewatkan tanda pada tanda lain;
: ruang kosong;
;       : Komentar.

2.2 Kata
Sebuah kata terdiri dari karakter alamat dan angka angka. Sebagai contoh: N0100 X12.8 W-23.45. Aturan adalah sebagai berikut:
Ø  Setiap kata harus memiliki karakter alamat (surat bahasa Inggris) dan nomor berikut string karakter.
Ø  yang valid 0 string karakter digital dapat dihilangkan.
Ø  nol terkemuka perintah dapat diabaikan. Sebagai contoh: G00 dapat ditulis sebagai G0.
Ø  Tanda positif harus dihilangkan, tapi tanda negatif tidak boleh dihilangkan.
2.3 Jumlah Blok
Nomor blok dibagi menjadi dua format: satu dengan nomor baris dan satu tanpa garis nomor, nomor blok adalah nomor baris dari blok yang baik secara otomatis atau manual dibuat input dan dimodifikasi. Sejumlah blok terdiri dari huruf N dan integer 4-digit berikut (rentang: 0000-9999). Urutan nomor blok bisa bebas, dan interval juga bisa tidak sama. Saat ini disarankan untuk meningkatkan jumlah blok dalam urutan untuk pencarian program yang mudah digunakan dan analisa.
Ketika input manual dijalankan, blok nomor N **** (* adalah 0 ~ 9) bisa langsung masukan pada awal program baris. Ketika integer nomor blok berikut N perlu diubah, silahkan memodifikasi integer sesuai dengan mode modifikasi isi blok dijelaskan dalam Bagian 4.1 Sunting Operasi Mode pada Bagian Operasi .
Ketika pembuatan nomor blok otomatis dipilih, dan parameter P333 tidak diatur ke 0, garis nomor dapat otomatis dibuat. Jika P333 tidak diatur ke 0, nomor baris tidak dapat dibuat otomatis. Silakan lihat Bagian 4.6 Operation Mode Parameter dalam Bagian Operasi untuk parameter setting; set P333 ke 0; setiap program mencakup banyak blok, dan setiap blok dimulai dengan nomor blok "N ****". Setelah program baru dibuat, sistem akan secara otomatis membuat nomor blok pertama "N0000", dan setelah masing-masing blok adalah input dan ENTER ditekan, sistem akan secara otomatis menciptakan nomor blok berikutnya. Jumlah selisih program ditentukan oleh P333. Sistem otomatis menciptakan nomor blok sesuai dengan selisih yang 1/4 integer P333 konten.
【Catatan】
1) Apabila hakim garis sistem yang saat ini tidak memiliki nomor baris, maka secara otomatis akan membuat yang baru nomor baris "N1000".
2) Ketika perintah M98, M97, M91, M92, M93, M94 terkait untuk memblokir nomor yang digunakan, ada harus ada nomor blok berulang. Jika tidak, sistem akan mengeluarkan alarm. Blok A nomor dapat diulang tanpa mengeksekusi perintah di atas.
2.4 Blok
Sebuah blok dengan nomor baris terdiri dari sejumlah blok dan beberapa kata, sebuah blok tanpa garis nomor tidak memiliki nomor blok. Satu blok dapat berisi 255 karakter paling (termasuk spasi antara kata). Nomor blok sangat diperlukan untuk blok. Hal ini dapat baik dibuat secara otomatis oleh  sistem, atau dimodifikasi dalam keadaan EDIT.
Satu blok dapat berisi beberapa kata atau ada kata-kata. Ketika blok mengandung banyak kata, satu atau lebih ruang kosong harus masukan antara kata-kata.




Sebuah blok yang lengkap adalah sebagai berikut:
N0120 G1 X130 W-40 F50 :            ENTER
N0120                                   :  Nomor Blok
G1                                          : Fungsi Persiapan
X130 Data W-40                : Gerak
F50                                         : Kecepatan Gerak
ENTER                                   : Blok berakhir, tidak ditampilkan di layar. Namun, setiap program berakhir dengan ENTER.
【Catatan】
1) Setiap kata dari blok dipisahkan dengan ruang kosong yang dihasilkan secara otomatis oleh sistem; namun perlu untuk memasukkan ruang kosong manual oleh pengguna ketika sistem ini tidak bisa membedakan kata-kata.
2) Sebuah kata dapat ditempatkan di mana saja di blok.
2.5 Blok Loncat Simbol dan Komentar
Masukkan symbol melewati "/" atau symbol komentar ";" before the block which needs not to be executed (and not be deleted) during execution. Selanjutnya sistem melewati blok ini dalam program yang sedang dijalankan.
Ketika simbol komentar ditambahkan di belakang setiap blok, pengguna dapat menambahkan komentar untuk setiap blok; komentar yang dituliskan hanya huruf Inggris dan digitals pada mesin CNC, dan dapat dituliskan dengan huruf/bahasa Cina didalam PC. CNC dapat menampilkan komentar huruf/ bahasa Cina setelah program di-download ke CNC.
Sistem melompati blok dengan "/" pada baris mulai mengeksekusi yang berikutnya.
Sistem melompati blok dengan ";" pada baris awal atau blok mulai mengeksekusi yang berikutnya.
Masukkan "," pada akhir baris dan kemudian masukan komentar sederhana.
【Catatan】
1) Tekan tombol W untuk memasukkan ";" atau "/".
2) Blok isi berikut ";" akan menjadi hijau.
3) Masukkan "/" di depan kepala blok, blok tersebut akan berubah menjadi hijau.
4) Kecuali untuk kondisi pertama di atas, blok dimana kursor berada menjadi hijau muda; dan menjadi oranye dalam kondisi lain.
5) Komentar Huruf China mengikuti  ";" dapat masuk hanya melalui port serial atau USB bukan sistem Keyboard, tetapi sistem dapat menampilkan Cina.
6) ";" harus dimasukan dalam format setengah lebar, ketika komentar masuk melalui port serial atau USB, karena sistem tidak mendukung format masukan penuh-lebar.




2.6 Struktur Program
Satu blok terdiri dari sekelompok perintah mewujudkan satu atau beberapa operasi teknologi tentu saja dari mesin. Sebuah program mesin (disebut juga sebagai bagian program) terdiri dari beberapa blok diatur sesuai dengan teknologi mesin. Sebuah nomor blok (nomor baris) digunakan untuk mengidentifikasi blok yang berbeda, dan nama program yang digunakan untuk mengidentifikasi program.
Setiap program bagian terdiri dari satu nomor program dan beberapa blok (blok hingga 9999). Sebuah Blok Nomor ini terdiri dari huruf N dan integer 4-digit berikut. Sebuah nama program terdiri dari tanda% dan nomor program (integer 3 digit). Struktur umum dari sebuah program adalah sebagai
Gambar. 2-1.


Gambar. 2-1 Struktur umum program
Menurut gambar di atas, program terdiri dari Program komentar dan blok, masing-masing blok dimulai dengan nomor blok (omissible), diikuti oleh karakter dan kata-kata, dan ada blok melewatkan simbol dan komentar dalam satu blok.

(CONTOH)
Program (program name: %012)
Remarks
N0000 G50 X200 Z300
G00 X200 Z200
N0020 T11
N0030 : G00 X100 Z100
/N0040 G02 X150 Z150 R50
N0030 G01 X100 Z100  : 2008
N0050 M30
Blok yang mengandung N **** adalah blok dengan nomor baris, blok tidak mengandung N **** adalah blok tanpa garis
nomor;
Rumah setiap baris adalah ruang kosong;
Ada ruang kosong di antara nomor baris dan kode untuk
Program dengan nomor baris;
/ Blok loncat
, Berikut ini adalah komentar.



1 komentar:

  1. Contoh terjemah yang dibuat berdasar kamus dan logika bahasa, bukan sekedar menggunakan Translator adalah sbb :
    KLIK DISINI

    BalasHapus